Peluang Usaha Roti Thailand

Variasi Roti yang Unik dan Lezat

Jika mendengar kata roti mungkin yang terbayang di benak anda adalah penganan lembut dengan bentuk yang mengembang dan sedikit berongga. Banyak sekali jenis roti yang ada sekarang ini, mulai dari roti yang lembut bagaikan kapas sampai roti yang kering sekali bagai mainan dari gabus. Namun pernahkah anda mendengar roti ala Thailand. Roti ini dibuat dengan cara yang unik dan berbeda dari roti biasanya. Jika umumnya roti dibuat dengan cara di oven atau di kukus, maka roti yang satu ini proses pembuatannya cukup dengan cara di goreng. Seperti apa dan bagaimana cara membuatnya, mari simak berikut ini.

hqdefault

Jika sekilas melihat gambar diatas mungkin anda akan berpikir bahwa ini bukanlah roti melainkan martabak telor. Ya memang unik sekali roti ala Thailand ini, pembuatannya menggunakan adonan kulit yang tipis yang digoreng dan diberi isian, persis martabak telor. Namun yang membuat berbeda adalah isiannya yang umumnya punya citarasa manis. Roti Thailand ini juga umumnya diberi toping manis sebagai penambah rasa. Berikut Wiratech akan membagikan resepnya untuk anda

Bahan Roti :

4 sdm mentega

1 butir telur

3 cangkir tepung terigu

1/4 cangkir susu cair

1/2 sdt garam

1 sdm gula

minyak goreng

1/2 cangkir air

Isian :

1 buah pisang

1 butir telur

1 kaleng susu kental manis

Cara Membuat Adonan :

Larutkan gula dan garam dalam ½ cangkir air. Tambahkan susu, telur dan mentega cair. Kocok telur perlahan. Tambahkan 3 cangkir tepung. Uleni dalam mixer selama 15 menit. Aduk adonan hingga kalis dan tidak menempel wadah atau tangan Anda. Adonan ini cukup basah dibandingkan dengan adonan roti biasa.

Membentuk Adonan

Siapkan wadah adonan dengan meminyaki wadah terlebih dahulu. Bagi adonan menjadi 10 bagian yang sama, masing-masing tentang ukuran bola golf atau sedikit lebih besar. Uleni adonan hingga halus, bentuk lubah ditengah adonan dengan jempol anda dan bentuk adonan membula, sisihkan. Rendam adonan yang sudah dibentuk didalam minyak setidaknya 20 menit atau bisa ditinggal semalaman. Fungsinya adalah agar adonan menjadi lebih lentur dan mudah dibentuk tipis.

Membuat Roti Thailand :

Panaskan minyak diatas wajan anti panas. Pipihkan adonan  setipis mungkin lalu goreng, tunggu hingga adonan mulai terangkat. Aduk telur dan buah bersama lalu tuangkan keatasa adonan roti, lipat seperti melipat martbak telur. Angkat, iris menjadi 9 potongan sajikan dengan toping susu kental manis atau sesuai selera anda.

cr: thaitable.com

Itulah tadi cara membuat roti ala Thailand. Masih minimnya orang yang menjual, bisa menjadi salah satu peluang usaha untuk anda yang suka membuat cemilan manis. Anda juga bisa membuat variasi isi yang berbeda tergantung kreatifitas anda. Selamat berkreasi.

—RAT-

Leave a comment