Mixer Roti Tentukan Yang Tepat Untuk Kebutuhan Anda

Mixer Roti Untuk Bisnis Roti Dan Kue

Mencari mixer roti yang cocok buat bisnis anda tentu tidak bisa asal-asalan perlu penyesuaian dengan kebutuhahan bisnis anda. Karena bila terlalu akbar tentu akan cocok dan pastinya akan memakan biaya pengeluaran yang banyak. Serta yang pastinya perlu jua di sesuaikan dengan pemakaian listriknya berapakah daya listrik yang dibutuhkan dari mesin mixer roti tersebut. Sesuaikan daya listrik yang ada pada kawasan industri roti anda atau rumah anda agar tidak memberatkan anda. Mixer roti ialah salah satu mesin terpenting yang wajib  ada pada memproduksi sebuah jenis roti.

mixer roti wlb30-280x280

Menggunakan fungsi primer menjadi pengaduk serta pencampur campuran sampai bisa dipergunakan untuk proses selanjutnya, mixer sebagai alat yang harus dipertimbangkan untuk menghasilkan campuran yang berkualitas dan  sinkron menggunakan impian anda. Diluar alat-alat lainnya buat membentuk roti yang tidak kalah krusial, mixer menjadi penentu keberhasilan adonan anda apakah campuran anda padat atau tak, mengembang atau tidak dan  tercampur sempurna atau tidak. Sang sebab itu memilih mixer yang sesuai dan  mampu mengakomodasi semua kebutuhan anda akan sangat perlu dilakukan terutama Bila anda berencana menggunakannya untuk membuka sebuah perjuangan pembuatan roti.

Bila planning anda ialah untuk menjadikannya menjadi salah  satu mesin produksi, tentu anda akan lebih baik buat memilih mixer yang spesifik dipergunakan untuk pembuatan roti serta yang bukan hanya menawarkan kualitas standar mirip yang biasa dipergunakan di perumahan. Buat menerima kualitas serta kecepatan yang lebih memadai, menentukan mixer roti menggunakan spesifikasi spesifik akan sangat membantu pada proses produksi roti anda nantinya.Keliru satu contoh mixer yang bisa anda pilih adalah mixer taiwan 20l yang digunakan khusus buat membentuk roti. Mesin yang satu ini akan memberikan hasil pencampuran campuran roti yang lebih praktis dan  jua optimal.

Masyarakat Indonesia lebih menyukai roti dengan tekstur yang lembut dan manis, berbeda dengan negara Eropa yang menyukai roti bertekstur keras. Seiring perkembangan zaman, roti sudah mengalami banyak evolusi, jenis-jenisnya sendiri pun sudah mengalami perkembangan.

Roti Manis sangat digemari di Indonesia karena cocok dengan lidah dan selera masyarakat. Hal ini dapat menjadi peluang bisnis bagi anda untuk memenuhi kebutuhan roti manis. Tapi sebelumnya, anda tentu harus mengerti bagaimana cara membuat roti manis yang enak dan empuk. Simak, tips dan trik berikut ini untuk membuat roti manis anda menjadi empuk dan lezat!

Manfaat Mixer Roti

  • Mengefisienkan waktu. Mengolah roti menggunakan mixer roti Philips atau merk lainnya dapat mempercepat proses pengadukan adonan. Selain itu, menggunakan mesin ini Anda bisa menunggu sembari melakukan aktivitas lain karena mesin dapat bekerja sendiri tanpa dipegang.
  • Mengehemat tenaga. Jika Anda membuat roti dengan porsi yang cukup banyak, menggunakan adukan manual tentu akan sangat menyulitkan Anda. Bayangkan saja butuh waktu berapa lama agar adonan tercampur dengan sempurna? Untuk itu mixer roti tentu dapat memudahkan kerja Anda. Selain itu, alat pengaduk pada mixer juga berputar secara konstan dan teratur berbeda dengan tenaga manusia yang memiliki titik lelah dan akhirnnya dapat menghambat pekerjaan Anda.
  • Menjaga adonan tetap higienis. Proses pengadukkan dengan mesin dapat diminimalisir dari kontaminasi. Karena semua bahan adonan hanya bercampur di dalam wadah mixer. Sedangkan jika Anda menggunakan tenaga manusia tanpa sadar banyak bakteri yang menempel di tangan sangat mengaduk adonan. Kemungkinan buruk lainnya, tanpa sadar keringat dapat menetes ke dalam adonan. Jika menggunakan mixer roti tentu hal-hal tersebut tidak akan terjadi.
  • Memudahkan saat membuat roti atau kue. Dalam pembuatan kue atau roti sangat akrab dengan proses pengadukkan dan pencampuran adonan hingga rata. Dengan adanya mixer roti akan sangat membantu produsen khususnya bakery dalam memproduksi roti.

mixer roti lb401

Selain manfaat, mixer roti murah dan berkualitas juga memiliki berbagai jenis yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin membuka usaha penjualan roti, Anda tidak perlu bingung memilih jenis mixer. Kami akan membantu Anda memberikan penjelasan secara spesifik. Berikut jenis-jenis mixer roti.

Jenis Mixer Roti

  • Mixer planetary. Mixer ini biasanya sering Anda temukan pada produk rumah tangga. Mixer ini memiliki tiga jenis pengaduk, yaitu pengaduk spiral. Pengaduk spiral difungsikan untuk mengaduk campuran tepung dan bahan bakanan yang sangat kental. Kedua pengaduk beater untuk mencampurkan keju, adonan pastry dan croissant, aneka tepung, serta mentega. Terakhir pengaduk whip dimanfaatkan untuk mengaduk bahan makanan yang encer, seperti telur dan susu segar.
  • Mixer spiral. Mixer ini digunakan untuk mengaduk adonan yang kental. Spiral beater dan bowl atau wadah pada mixer berputar secara bersamaan sehingga hasil adonan dapat tercampur rata. Biasanya mesin ini digunakan untuk membentuk adonan kue, donat, mie, dan adonan kerupuk. Mixer spiral memiliki kelebihan dengan memproses pengaduk adonan secara cepat. Selain itu, dapat mengaduk adonan yang sebelumnya beku kemudian dicampurkan dengan air dingin dapat teraduk sempurna.
  • Mixer horizontal. Mixer Horizontal memiliki proses pengadukan yang berbeda dari jenis lainnya. Mixer ini mengolah dengan teknik mendatar atau horizontal. Mesin ini digunakan untuk mengaduk adonan padat dan mampu melakukan pengadukan untuk mendapatkan bentuk tertentu. Mixer ini mampu menghasilkan adonan lebih kalis dengan tebal yang ptimal. Dengan adonan tersebut Anda dapat membuat mie, kulit pastel, kulit kue, kulit roti, kulit lumpia, adonan pizza, dan sebagainya.

Bahan Dasar Yang Tepat Menjadikan Roti Berkualitas

  • Tepung Terigu

Dalam pembuatan roti, tepung yang digunakan adalah tepung terigu berprotein tinggi karena menghasilkan gluten yang banyak dan teksturnya pun bagus. Bisa juga dicampur dengan tepung terigu protein sedang, hal ini akan membuat roti lebih empuk. Namun syaratnya adalah jumlah tepung terigu protein tetap harus lebih banyak daripada tepung terigu protein sedang.

  • Ragi

Ragi berfungsi membuat pengembangan roti lebih sempurna. Ada banyak berbagai macam jenis ragi, namun biasanya orang lebih banyak menggunakan ragi instan karena lebih praktis dan kualitasnya juga tetap bagus.

  • Gula

Selain memberikan rasa manis, gula juga berfungsi mengembangkan volume roti karena gula membantu kerja ragi menjadi lebih cepat. Gula juga memberikan warna pada tekstur roti sehingga warnanya menjadi coklat keemasan

mixer spiral 374822274_609

  • Telur

Telur membuat roti menjadi lembut. Putih dan kuning telur sendiri memiliki sifat yang berbeda-beda. Jika anda ingin roti bertekstur kenyal, maka gunakan putih telurnya saja. Jika anda ingin roti yang bertekstur empuk makan gunakan kuning telur yang lebih banyak.

  • Lemak

Lemak yang dimaksud adalah margarin. Margarin adalah salah satu bahan pembuatan roti yang sangat penting. Tanpa margarin, tekstur roti tidak akan menjadi lembut. Tentu anda harus menggunakan margarin berkualitas tinggi, anda bisa menggunakan Filma Margarin atau Filma Prestige Margarin yang merupakan produk margarin berkualitas tinggi dan dapat meningkatkan kualitas roti anda.

  • Pelembut dan Pengembang

Pelembut dan pengembang umumnya digunakan untuk roti yang akan dijual agar lebih mengembang dan teksturnya bertahan lama.

Tahap Fermentasi

Fermentasi pada pembuatan roti dilakukan ketika adonan sudah elastis. Adonan harus berada dalam kondisi tertutup di suhu ruangan agar mengembang dengan sempurna. Proses pengembangan roti tidak bisa dipatokkan oleh waktu, maka dari itu harus benar-benar diperhatikan.

Cara mengetahui roti sudah mengembang atau belum adalah dengan menemukan serat pada adonan roti. Jika sudah ada serat di permukaan roti maka roti sudah cukup melalui proses fermentasi.

Roti

Ada 3 hal yang bisa menghambat proses fermentasi, antara lain:

  • Kualitas ragi tidak bagus
  • Adonan tidak menggunakan gula
  • Saat proses fermentasi, udara tidak cukup hangat untuk membuat ragi mengembang.

Menentukan Isian Roti

Satu hal yang paling penting dalam pengisian roti adalah, roti tidak dalam kondisi berair atau berminyak. Isian roti juga tidak disarankan terlalu kering atau keras. Setelah diisi, roti akan kembali difermentasi agar mengembang kembali.

Pemanggangan Dalam Oven

Pengovenan merupakan salah satu tahap yang penting dalam pembuatan roti. Roti yang terlalu lama di oven akan menjadi kering dan keras. Lamanya pengovenan tentu sangat berhubungan dengan besarnya roti. Semakin besar ukuran roti maka semakin lama pengovenannya. Untuk ukuran roti sekali makan rata-rata membutuhkan waktu 8-12 menit.

Setelah Dioven

Roti segera disusun dalam rak kawat untuk proses pendinginan, uap panas akan keluar dari roti. Setelah suhu roti dingin, roti harus ditempatkan dalam wadah kedap udara agar roti tidak kering dan tetap lembut. Dengan penyimpanan yang tepat, roti bisa bertahan 2 hari di dalam suhu ruangan. Jika dimasukan ke freezer dengan suhu yang tepat, roti bisa bertahan selama 1 bulan.

mixer roti

Demikian pembahasannya tentang mixer roti dan bahan dasar yang yang tepat menjadikan roti berkualitas. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda dalam memulai bisnis roti.

Leave a comment