Cara Membuat Castella Cake Yang Sedang Tren

Castella Cake Yang Sedang Tren

Pembuatan roti dan kue yang kini sudah semakin canggih menggunakan peralatan mixer roti otomatis. Menjadikan pembuatan roti jadi lebih cepat dan mudah. Walau harga mixer roti cukup mahal namun yang namanya usaha bisnis harus tetap berjalan. Oleh sebab itu alat tersebut layak dibeli untuk produksi roti. Dengan bantuan mixer dan peralatan mesin roti lainya produksi roti jadi ringan pekerjaannya dan keuntungannya pun cepat datang.

Taukah anda tentag kue Castella? ….. Castella cake adalah kue bolu khas Jepang yang mulai banyak digandrungi para pemburu makanan manis di tanah air. Kue Jepang ini adalah jenis sponge cake yang terbuat dari tepung, telur, gula dan disiram dengan madu atau lelehan butter di permukaan kuenya. Cara membuatnya pun sangat mudah dan kurang lebih hampir sama seperti membuat kue bolu pada umumnya.

Castella Cake

Castella cake sangat populer di Jepang, terutama di Nagasaki yang dianggap sebagai penghasil Castella cake terbaik. Cake ini aslinya dibawa oleh orang Portugis ke Jepang pada abad 16 yang lalu. Castella atau Kasutera dalam lidah jepang, memiliki penamplian yang cukup mewah dan menggoda. Padahal kalau dilihat dari bahan-bahannya, kue ini sangat sederhana dan mudah dibuat. Bahan utamanya cuma telur, tepung terigu, dan gula pasir. Simple banget kan? Buat ibu rumah tangga yang penasaran pingin nyoba, silahkan simak resep berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 100 gram tepung terigu protein tinggi, ayak
  • 75 gram gula pasir
  • 3 butir telur ayam suhu ruang
  • 3 sdm madu
  • 2 sdm air hangat

Olesan:

  • 2 sdm madu
  • 1 sdm air hangat

Cara membuat:

  • Campur madu dengan air hangat di dalam gelas. Sisihkan.
  • Mixer atau kocok telur dengan kecepatan rendah sekitar 10 detik saja, yang penting tercampur rata.
  • Tambahkan gula dan mixer dengan kecepatan tinggi sampai berwarna pucat dan mengembang 3 kali lipatnya.
  • Tuang larutan madu, lalu mixer selama 15 detik dengan kecepatan rendah saja.
  • Selanjutnya masukkan tepung terigu secara bertahap (3 kali). Kocok dengan speed rendah selama masing-masing 15 detik.
  • Tuang donan ke dalam loyang yang sebelumnya sudah dialasi kertas roti sebelumnya. Jangan terlalu penuh karena nantinya adonan akan mengembang dan naik. Tusuk adonan dengan sumpit lalu gerakkan zigzag supaya udara yang terjebak dalam adonan hilang
  • Panggang adonan dalam suhu 170 selama 40 menit. Jika sudah matang, cukup matikan oven dan biarkan dingin di dalam oven (jangan dikeluarkan dari oven krn kue bisa kempis karena penurunan suhu mendadak).
  • Setelah dingin, keluarkan cake dari oven dan segera olesi dengan bahan olesan. Nikmat untuk dijadikan teman minum teh di sore atau malam hari.

Castella Cake yang kekinian dibuat dengan isian keju manis di dalamnya seperti isian roti O yang terkenal itu. Dengan isian keju tersebut menambah taste Castella Cake jadi lebih lezat. Belajar membuat Castella Cake cukup mudah dan jadi gembira disaat kue tersebut sudah jadi. Rasa kue yang manis berisikan keju yang creamy bikin ngemil disore hari di temani teh atau kopi jadi terasa nikmatnya. Buat pecinta cake tentu sudah tidak asing dengan Castella Cake.

Modal untuk membuat cake ini sangat terjangkau karena bahan-bahannya juga sangat sederhana dan mudah didapat. Demikian pembahasannya tentang castella cake semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s