Oven Roti Peranannya Dalam Industri Makanan dan Restoran

Oven Roti Berperan Dalam Industri Makanan

Oven roti merupakan alat yang sangat berperan sekali dalam industri roti alat ini biasa digunakan untuk memanggang adonan roti yang telah di bentuk atau bermacam kue dan lainya, dalam bisnis roti alat ini sangat menuntungkan dan memudahkan berjalannya bisnis suatu restoran hingga meningkatkan omset dagangnya sampai puluhan juta dalam sehari, karena mesin ini berperan untuk memanggang roti, menghangatkan roti racikan yang butuh melumerkan kejunya, atau memanggang zuppa-zup yang di atasnya di taruh roti puff yang di panggang berbarengan dengan semangkuk sup yang ada di dalamnya hingga menjadi hidangan yang lezat baik di lihat dan saat dirasakan oleh konsumen atau pelanggan

oven roti

Peranan lain oven roti dalam industri kuliner pabrik makanan atau restoran tentunya banyak sekali bila di bahas yang sering kita jumpai biasanya oven roti digunakan untuk memanggang kue kering, kalo dalam industri roti oven roti gas digunakan untuk memanggang roti manis isi, roti tawar, di industri kue untuk memanggang kue bolu/tart, kue bika ambon, kue sus, dalam restoran digunakan untuk memanggang pizza, zuppa-zuppa, ayam bakar, ikan bakar, bahkan ada yang digunakan untuk mengeringkan sejumlah produk seperti : pengering daun (biasanya untuk membuat jamu), pengering pakan ternak (pelet ikan), juga ada yang digunakan untuk mengeringkan sejenis hasil dari karet, cukup banyak bukan kegunaannya ?……

oven memiliki berbagai ukuran dan jenisnya dari mulai oven listrik untuk industri makanan sampai oven microwave untuk ibu rumah tangga, oven tidak hanya menggunakan listrik, namun ada juga yang menggunakan bahan bakar gas (oven gas), atau oven tanggkring jadul yang pemanasannya di taruh di atas kompor, oven tersebut biasa digunakan untuk memanggang kue kering.

Banyak orang bahkan industri roti rumahan menggunakan oven berbahan bakar dari Gas LPG. Selain pemakaiannya lebih cepat selesai, harganya pun tidak terlalu mahal bila dibandingkan dengan menggunakan minyak tanah. Karena api yang dikeluarkannya biru, pemakaiannya pun tidak terlalu sulit, karena api yang digunakan dapat diatur besar dan kecilnya melalui sebuah kran gas yang berfungsi sebagai alat pengatur pengeluaran api. Suhu di dalam ruangan oven tersebut dapat dilihat melalui sebuah termometer yang diletakkan di depan pintu oven gas terserbut. Api yang digunakan ada 2 buah yaitu api atas (letaknya di dalam oven sebelah atas) dan api bawah (letaknya di bawah badan oven).

Pengguna oven gas dari berbagai kalangan, mulai dari Ibu Rumah Tangga, Tempat pelatihan kue / kursus, Usaha Jasa Boga / catering, Toko roti / kue, bahkan untuk Pemula sekalipun. Bahkan pernah ada yang dipakai untuk mengeringkan hasil sablon. Oven roti gas memang masih produk lokal dan dapat digunakan untuk home industri, oven gas juga tak kalah bagus hasil panggangan dari oven listrik, bahkan lebih ekonomis menurut komentar para pemakainya dari mulai ibu rumah tangga hingga industri roti kecil dan menengah hasil panggangannya tetap yang terbaik. Oleh karena itu untuk anda yang baru memulai usaha roti jangan khawatir oven ini cukup tangguh.

Demikian pembahasannya peranan oven roti gas manfaat, penggunaannya dalam industry roti, kue dan restoran dan masih banyak lagi yang lainya semoga bermanfaat dan menambah pengetahuaan anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s