Mengenal Berbagai Jenis Mixer Roti dan Fungsinya

Macam-macam Mixer Roti

Siapa yang tidak kenal dengan roti? Jawabannya pasti semua tahu dan pernah mengonsumsi roti. Baik roti yang masih polos maupun roti yang sudah diolah sedemikian rupa, baik menjadi penganan dengan cita rasa asin dan gurih seperti sandwich dan lain sebagainya, atau menjadi penganan dengan cita rasa manis dan lezat seperti pudding roti dan lain sebagainya. Jika anda merupakan pencinta makanan berbahan dasar tepung yang satu ini, maka mungkin anda juga tidak akan melupakan alat yang sangat berguna dalam pembuatannya.

mixer-roti

Mixer Roti merupakan salah satu alat pembuat roti yang paling dibutuhkan dan juga menentukan hasil dari pengadukan roti. Jika sesuai maka roti akan mengembang dengan baik, sebaliknya jika pengadukan terlalu lama atau terlalu cepat maka roti akan menjadi kemps atau bantat. Hal ini akan mempengaruhi tekstur serta penampilan dari roti itu sendiri. Roti yang diaduk dengan baik akan menghasilkan tekstur yang lembut, memiliki rasa yang gurih dan juga mengembang dengan sempurna.

Bagaimana menentukan mixer roti yang sesuai dengan roti yang akan kita buat? Ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu jenis Mixer Roti yang beredar di pasaran :

  1. Planetary Mixer

Adalah jenis mixer roti yang cukup umum digunakan karena serbaguna. Bagi anda yang suka membuat roti, kue, cookies, pastry, whip cream dan lain sebagainya. Bowl pada alat ini dapat dilepas pasang. Alat ini sangat cocok untuk digunakan untuk membuat berbagai penganan. Terdiri dari 3 jenis pengaduk dengan fungsi yang berbeda-beda diantaranya :

  1. Spiral >> Alat untuk mengaduk adonan dengan tekstur yang kental dan cenderung padat
  2. Beater >> Alat yang digunakan untuk mengaduk adonan yang terbilang lembut dan buttery
  3. Whip >> Alat untuk mengaduk adonan yang cair dan encer

2. Spiral Mixer

Jenis mixer dengan pengaduk spiral. Biasa digunakan untuk mengaduk adonan yang teksturnya kental dan cenderung padat. Cocok untuk pembuatan mie atau adonan lain yang membutuhkan pengadukan secara merata.

3. Horizontal Mixer

Jenis mixer berbentuk kotak dan cenderung panjang. Umumnya digunakan dalam pembuatan adonan mie, karena memiliki poros di dua ujungnya yakni dikanan dan dikiri.

 

-RAT-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s